Memilih Kamera dan Lensa Untuk Kegiatan Stock Fotografi


Saat ini dunia fotografi bisa dibilang merupakan salah satu tempat yang cukup baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu contohnya misalnya adalah dengan menjual foto foto hasil jepretan kamera kita ke web web stock foto macam shutterstock, adobe stock, istockphoto dan lain sabagainya. Untuk potensi pendapatan yang bisa kita peroleh dari web stock foto terseut juga cukup lumayan. Bahkan dari satu buah foto yang kita upload dan jual hak penggunaannya di sana kita bisa memperoleh puluhan hingga ratusan dollar atau bahkan lebih tergantung berapa banyak orang yang membeli hak pakai dari foto kita tersebut.

Tentunya untuk mendapatkan pendapatan yang lumayan besar di web web macam shutterstock dan yang sejenisnya tersebut maka foto yang kita upload dan jual di web web tersebut haruslah foto yang memang benar benar berkualitas bagus serta banyak diminati oleh orang orang. Dan untuk menghasilkan foto yang kualitasnya bagus selain harus memiliki skill yang mumpuni di bidang fotografi, alat alat foto yang kita pakai sebaiknya juga yang berkualitas. Meskipun menggunakan kamera smartphone canggih seperti kamera iphone terbaru juga sudah bisa menghasilkan gambar yang bagus akan tetapi tentunya jika kita mengggunakan kamera tersendiri tentunya hasilnya bisa lebih optimal. Apalagi jika kamera tersebut sudah dilengkapi dengan aksesoris lightning (pencahayaan) yang mumpuni.

Untuk jenis kamera yang digunakan untuk keperluan stock photography umumnya menggunakan kamera jenis DSLR ( digital single-lens reflex) maupun kamera mirrorless. Dan untuk resolusi dari kamera yang akan dipakai sebaiknya memiliki resolusi yang cukup baik katakanlah minimal 12 mega pixel. Pastikan juga menggunakan kamera dengan frame rate yang cukup bagus serta untuk beberapa jenis fotografi tertentu kita juga butuh fitur fokusing yang cukup cepat. Dan mungkin saja harga dari kamera kamera tersebut akan cukup tinggi.

Hal lain yang juga cukup penting untuk diperhatikan adalah soal lensa kamera yang dipakai. Karena mau tidak mau lensa kamera ini akan sangat mempengaruhi hasil dari foto yang kita bidik. Mungkin saja kamera yang kita gunakan sebenarnya cukup bagus dnegan resolusi yang cukup tinggi misalnya 40 mega pixel akan tetapi jika lensa yang dipakai kualitasnya jelek maka bisa saja hasil foto yang didapat juga tidak bagus misal foto kurang tajam gambarnya, kurang halus dan lain sebagainya. Karena itu penting untuk kita memilih lensa yang bagus saat melakukan kegiatan fotografi ini. Untuk kegiatan fotogrsfi di dalam ruangan dengan sistem pencahayaan yang  bisa dikendalikan misalnya saja di studio mungkin dengan kamera bagus dan lensa yang seadanya bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus. Akan tetapi jika kita melakukan pemotretan di ruang terbuka yang cahayanya tidak bisa kita atur sesuai keinginan maka lensa dengan kualitas yang bagus jelas dibutukan.

Untuk lensa yang memiliki kualitas bagus sendiri sebenarnya saat ini sudah cukup banyak. Misalnya saja untuk para pengguna kamera sony bisa memilih lensa sony yan sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang kita miliki saat ini. Misalnya saja budget kita  berkisar di angka 14 hingga 15 jutaan maka kita bisa memilih membeli lensa sony fe f1.8 g yang harganya sekitar 14 jutaan jutaan. Dan untuk membelinya kita bisa melakukan secara offline di toko toko kamera di sekitar kita atau secara online di web web terpercaya semacam blibli misalnya.


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.